Apa itu Content Creator?

Seperti kita ketahui pada era digital sekarang ini banyak profesi yang sudah tergantikan oleh robot maupun komputer. Namun tahukah anda banyak tercipta juga profesi yang muncul pada era ini. Seperti Youtuber, influencer, buzzer, streamer serta masih banyak lagi lainnya. Yang kita ingin bahas saat ini adalah tentang “content creator”. Dari padanan kata Bahasa Indonesia sendiri sekarang ini belum ada yang tepat dalam pengartiannya. Lalu  yang dimaksud content creator sendiri apa? Dari kata content sendiri bisa merujuk pada website atau aplikasi yang terdiri dari gambar, tulisan, foto, video, maupun foto. Jadi bisa diartikan content creator adalah seseorang yang berkreatifitas dalam menciptakan ide tulisan, gambar, foto, tulisan,video atau gambar.

 Profesi ini sangat diminati oleh generasi Z karena mampu menampilkan diri mereka apa adanya dan menunjang kebebasan berekspresi, mereka dapat menuangkan ide sesuai dengan passion yang mereka minati untuk tujuan tertentu dan bermanfaat bagi orang banyak. Sebenarnya sejak dulu sudah ada  profesi yang demikian seperti komikus, musisi, dan lainnya. Hanya saja orang awam sering menganggap content creator itu hanya sebatas youtuber maupun selebgram. Faktanya dibalik itu banyak sekali profesi yang bisa disebut sebagai “content creator”.

Membuat sebuah konten yang relevan adalah bukan hal yang mudah, oleh karena itu untuk jadi seorang content creator yang handal seseorang harus memiliki softskill sebagai berikut :

  • Ulet, tidak mudah putus asa dalam persaingan yang ada.
  • Berfikir kritis, Bisa perpikir rasional dalam mencari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani.
  • Persuasi, dapat meyakinkan audience untuk menerima sudut pandang tertentu
  • Pemahaman tekstual, memahami kalimat dan paragraph yang ditulis dalam dokumen kerja.
  • Kepekaan sosial, menyadari reaksi orang lain kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.
  • Berbicara, Untuk menyampaikan informasi secara efektif dan tidak terjadi miss komunikasi
  • Menulis,  dapat efektif berkomunikasi melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan

Pernahkah anda melihat iklan maupun sebuah post diinstagram yang mengarah pada promosi suatu jasa maupun produk? itu adalah salah satuh contoh sebuah karya seseorang content creator. Dalam sebuah bisnis, perannya sangatlah penting dan tak bisa disepelehkan apalagi pada era digital saat ini. Lalu apa sajakah manfaat yang didapatkan dari seorang content creator bagi suatu bisnis?  Yuk kita simak satu persatu

1.Dapat membantu bisnis anda dalam penciptaan konten yang menarik untuk branding dan promosi produk.

2.Membangun ketetapan branding, dalam hal branding kunci utamanya adalah konsistensi. Content creator bisa merealisasikan pesan brand kedalam karya unik yang relevan dan menarik para audience tanpa merusak image brand.

3. Membantu anda sebagai expert. Kontent yang relevan dan bermanfaat dapat membantu brand anda lebih dipercaya oleh pelanggan.

4. Membantu perusahaan merencanakan strategi marketing digital yang tepat.

5. SEO Friendly, dapat membantu sebuah brand lebih dikenal didunia digital sehingga lebih banyak orang yang dijangkau untuk mengenalnya.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply