12 Video Editor Software Terbaik

Tak dapat kita pungkiri, saat ini video menjadi elemen multimedia paling populer diinternet. Peran video dalam digital marketing pun semakin penting dari tahun ketahun, karena sepanjang 2019 saja ada 80 persen traffice konsumen yang dihasilkan dari streaming video. Untuk menciptakan sebuah video yang menarik pastinya melewati proses editing seperti visual efek khusus, pemotongan bagian video, pemberian subtitle, maupun pemberian efek suara Khususnya bagi anda yang berprofesi sebagai vlogger tentunya sangat membutuhkan software editor video untuk menunjang pembuatan video yang berkualitas terbaik bukan? Seiring berkembangnya zaman dan kebutuhan, saat ini ada berbagai banyak perangkat lunak (software) untuk menghasilkan video yang mengesankan dengan berbagai teknologi handal. Apa saja sich editor yang populer saat ini? Yuk kita simak, inilah 12 Daftar video editor profesional yang dapat anda gunakan untuk konten video anda :

1. Wondershare Filmora

Wondershare filmora mungkin sangat cocok dipergunakan oleh editor video pemula. Selain mudah dalam hal penggunaany, kinerja software ini juga cukup ringan untuk dijalankan pada komputer dengan spesifikasi rata-rata.

Secara interface filmora sangat user friendly dan memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap, editor bisa dengan mudah menggunakan software ini untuk memotong, memisahkan video dengan audio, menggabungkan video dan menambahkan efek-efek khusus.

Video yang telah diedit bisa di-render ke dalam berbagai format mulai dari MP4, AVI, MOV dan MKV. Selain fungsi edit video dan convering, software ini juga menyediakan ilustrasi suara, animasi untuk judul, elemen, dan transisi yang menarik. 

Software ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

2. Adobe Premiere Pro

Software editing buatan Adobe ini sudah sangat populer digunakan untuk membuat dan mengedit film atau video. Fitur-fiturnya seolah memahami apa yang dibutuhkan setiap editor untuk mengkreasikan imajinasinya dalam menghasilkan video berkualitas. 

Meski demikian, software ini membutuhkan spesifikasi PC yang lumayan tinggi. Sayangnya Adobe Premier tidak tersedia secara gratis, editor video dapat menggunakan versi free trial-nya selama 30 hari.  Tampilan area kerja Adobe Premiere Pro sangat user friendly. Terdapat banyak elemen editing yang sangat membantu editor untuk menghasilkan video dengan kualitas terbaik.

3. Final Cut Pro

Final Cut Pro adalah software editing berbasis sistem operasi Mac. Software ini memiliki fitur dan elemen yang tidak kalah dengan software editing video lainnya. 

Software editing video ini menawarkan kemudahan penggunaan bahkan untuk pemula sekalipun. 

4. Apple iMovie

Dari namanya sudah jelas bahwa software editing video ini dikhususkan bagi pengguna Mac OS. Tampilannya kurang lebih sama dengan Final Cut Pro. 

Kelebihan iMovie yakni dapat merekam video langsung dari iPhone. Software ini juga terintegrasi dengan iTunes dan GarageBand untuk memberikan kemudahan dalam memilih ilustrasi audio. 

Ditambah terintegrasi pula dengan sosial media populer untuk berbagi video. iMovie hanya tersedia secara gratis di perangkat MacBook. 

5. Cyberlink Powerdirector

Untuk software editing video terpopuler selanjutnya adalah Cyberlink Powerdirector. Software ini merupakan satu di antara banyak perangkat editing video terbaik untuk platform Windows.

Fitur Express Project yang tersedia di software ini memungkinkan pengeditan video secara cepat. Fitur lain yang juga tersedia yakni 360 video editing, motion tracking, chroma key, serta color adjustment sehingga dirasa ideal untuk menghasilkan video yang tampak profesional.

Spesifikasi komputer atau laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan software ini minimal 2 GB RAM.

6. Davinci Resolve

Blackmagic design sebagai developer melengkapi Davinci Resolve dengan berbagai fitur yang ideal untuk editor pemula hingga profesional. Terdapat fitur motion graphic, multicam edition, dan audio mixing yang bisa dieksplor untuk menghasilkan video berkualitas.

Selain kemudahan penggunaan dan fitur yang lengkap, software ini juga ringan untuk dioperasikan sehingga memiliki kemampuan rendering yang lebih cepat.

Davinci Resolve kompatibel dengan berbagai platform mulai dari Windows, Mac OS, dan Linux. Software ini juga tersedia secara gratis.

Meskipun demikian, secara tampilan Davinci Resolve kurang user friendly. Diperlukan komputer atau PC dengan RAM 16 GB untuk mengoperasikan software tersebut.

7. AVS Video Editor

Software video editing yang satu ini menyediakan tampilan interaktif, mudah untuk dioperasikan dan memiliki fitur lengkap.

AVS video editor merupakan software video editing untuk PC atau laptop yang ringan. Kapasitas file instalasinya tergolong minimalis.

Keunggulan utama AVS video editor adalah teknologi video cache yang dapat memperlancar penyuntingan video full HD. Pada bagian area kerja editing video menyediakan opsi timeline sehingga proses penyuntingan video, teks dan audio bisa dilakukan secara terpisah.

Untuk mengoperasikan software ini diperlukan PC atau laptop dengan spesifikasi prosesor 3 GHz dan memori RAM 2 GB.

8. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro merupakan software video editor PC atau laptop yang sudah tidak asing lagi. Ragam fitur lengkap yang tersedia di software editing video ini siap dipergunakan untuk menghasilkan video berkualitas 4K.

Editor video profesional merupakan target utama pengguna Sony Vegas Pro. Namun, tampilan area kerja yang dirancang turut memberi kenyaman bagi editor video pemula.

9. Lightworks

Software editing video ini bisa diperoleh secara gratis. Meski demikian, tetap banyak fitur profesional yang bisa dimanfaatkan dari software ini.

Lightworks mendukung editing video dengan beragam resolusi seperti apl, NTSC dan High Definition. 

10. Corel Video Studio

Corel bukan hanya menyediakan aplikasi editing gambar atau image. Untuk editing video, Corel Video Studio Pro cukup dapat diandalkan.

Software ini tersedia hanya dalam versi berbayar dengan harga US$79,99. Dengan begitu, editor video dapat menggunakan fitur mulai dari Instant Template Project, ratusan filter, efek dan transisi untuk menghasilkan video Professional.

11. Windows movie maker

Perangkat lunak editing video ini dirancang secara esklusif oleh Microsoft untuk komputer atau laptop berbasis Windows. Fitur-fitur yang tersedia pada software ini hanya mencakup keperluan dasar editing video.

Tampilan yang sederhana menunjukkan bahwa software ini sangat cocok bagi editor video pemula.

Windows movie maker edisi terakhir dirancang untuk Windows 7. Sedangkan untuk Windows 7 ke atas, Microsoft menghadirkan Video Editor yang fungsi dan kemampuannya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

12. Pinnacle Studio

Software editing video berikut ini menawarkan fitur mumpuni dan tetap bekerja ringan pada komputer dan laptop dengan spesifikasi prosesor 2 Ghz dan RAM 2 GB.

Fitur screen recording-nya sangat ideal untuk membuat video tutorial atau konten gaming yang menarik. Pinnacle Studio juga memuat lebih dari 1.500 efek dan template yang dibutuhkan untuk menghasilkan video impresif.

Namun demikian, seluruh fiturnya hanya dapat dipergunakan dalam versi berbayar.

Itulah tadi sederet software editing video untuk komputer atau laptop terpopuler yang helmykediri rekomendasikan.

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih software editing video yang tepat adalah ketersediaan resource perangkat komputer dengan kebutuhan. Jika hanya ditujukan untuk memproduksi video yang sederhana atau minim efek visual dramatis, software editing video dengan fitur gratis pun sudah sangat ideal.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

One comment

  1. How he makes $1,300 per day – https://crypto-offer.xyz

Leave a Reply